📅 30 July 2024

Pengaruh Konsumsi Air Kelapa Pada Tekanan Darah

Jurnal Bina Cipta Husda: Jurnal Kesehatan dan Science
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Cipta Husada Purwokerto

📄 Abstract

Tekanan darah sebagai bagian dari sistem peredaran darah dipengaruhi oleh kondisi stres, genetik, usia, jenis kelamin, nutrisi, dan gaya hidup (kurang aktifitas, kurang serat, merokok). Penambahan kalium alami sebagai bagian dari nutrient dapat mempengaruhi tekanan darah. 30 ml air kelapa muda yang mengandung 61 mg kalium,sehingga dipercaya dapat mempengaruhi perubahan tekanan darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi air kelapa muda terhadap tekanan darah mahasiswa keperawatan Stikes Serulingmas Cilacap. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group pre and posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sebanyak 40 sampel. Uji menggunakan Paired t Test dan Wilcoxon. Hasil analisis tekanan darah sistolik posttest pada kelompok intervensi dan kontrol diperoleh p-value sebesar 0,032 sedangkan p-value tekanan darah diastolik sebesar 0,192 yang menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh konsumsi air kelapa terhadap penurunan tekanan darah sistolik pada mahasiswa keperawatan.

🔖 Keywords

#Air Kelapa Muda; Diastolik; Sistolik; Tekanan Darah

â„šī¸ Informasi Publikasi

Tanggal Publikasi
30 July 2024
Volume / Nomor / Tahun
Volume 20, Nomor 2, Tahun 2024

📝 HOW TO CITE

Susanto, Rachmat, "Pengaruh Konsumsi Air Kelapa Pada Tekanan Darah," Jurnal Bina Cipta Husda: Jurnal Kesehatan dan Science, vol. 20, no. 2, Jul. 2024.

ACM
ACS
APA
ABNT
Chicago
Harvard
IEEE
MLA
Turabian
Vancouver

🔗 Artikel Terkait dari Jurnal yang Sama

📊 Statistik Sitasi Jurnal